400an ORANG CINA DAN TAIWAN KERJA DI KAMBOJA DITANGKAP!!

WarungJoker  – Pihak berwenang Kamboja telah menahan hampir 400 orang dari China dan Taiwan bulan ini karena diduga melakukan penipuan telekomunikasi untuk menipu korban di China, kata polisi pada hari Kamis (17 Agustus).

China telah memerangi penipuan telecoms yang memiliki kerugian miliaran dolar dalam kerugian finansial, kata pihak berwenang di Beijing, yang menuduh Taiwan menyimpan kejahatan di balik banyak penipuan.

Kamboja adalah salah satu sekutu terdekat China di Asia Tenggara dan tidak mengenal pemerintah Taiwan, dimana Beijing menganggap sebuah provinsi yang bandel.


Kamboja telah mendeportasi lebih dari 600 orang China dan Taiwan dalam beberapa tahun terakhir dalam sebuah tindakan keras terhadap penipuan Internet dan telekom yang diatur oleh negara Asia Tenggara.
Polisi di ibu kota Kamboja Phnom Penh pada hari Rabu menahan 225 warga China, 25 wanita di antara mereka, yang dicurigai menjalankan skema pemerasan dengan menggunakan teknologi panggilan suara Internet, kata Thou Saroeun, wakil direktur departemen kepolisian anti-terorisme. “Kami sedang memproses kasus ini dan kami belum tahu kapan ini akan pindah ke deportasi,” katanya kepada Reuters.

Pada 2 Agustus, polisi menangkap 151 orang China dan tiga orang Taiwan di provinsi Siem Reap dan Banteay Meanchey, Tuan Uk Heisela, kepala investigasi departemen imigrasi, kepada Reuters.
Para tersangka menunggu deportasi ke China dan beberapa akan dikirim kembali minggu ini, katanya. “Saya tidak tahu kapan tepatnya, itu tergantung kapan China mengirim pesawat,” katanya.

Pihak berwenang di Taiwan telah menuduh Kamboja bertindak atas perintah China.

Bulan lalu, Kamboja mendeportasi 105 tersangka Cina dan Taiwan ke China, yang memicu sebuah demonstrasi dari pulau yang diperintah sendiri ke Phnom Penh.

China telah membela deportasi orang-orang dari Taiwan ke China dari tempat-tempat seperti Kamboja dengan mengatakan bahwa korban semuanya berada di China dan oleh karena itu para penjahat harus menghadapi keadilan di China.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *